REGASIFICATION AND LNG HUB TERMINAL

Pengalaman dan Latihan tidak menghianati Hasil.

Pengalaman dan Latihan adalah proses untuk mencapai kemenangan.

    Assalamualaikum sobat teknik semua nya.
Selamat weekend nih, ada rencana liburan ke mana nih....??
Jadi baiklah sambil ngopi santai di pagi hari, saya ingin berbagi mengenai beberapa pengalaman saya menjuarai Lomba Fire Combat dan Fire Fighting Combat dan beberapa penghargaan dari perushaan atas kinerja saya.

Kita mulai dari yang namanya latihan dan pengalaman. Di dunia kerja dan di mana pun kita harus berlatih banyak dan bertemu banyak msalah, karna dengan semakin banyak maslah membuat kita matang dalam berfikir dan lebih tepat mengambil setiap keputusan.

Hal ini dimulai saat saya dan teman saya mampu mematikan api dengan cepat dan tepat, di mana pada saat itu setelah melakukan pengecekan rutin di lapangan kami ingin kembali untuk melaksanakan shalat Zuhur, tapi dari jarak jauh kami melihat api di sekitar area tangki solar yang sudah lama tidak aktif. 

Memang dekat daerah sekitar tangki tersebut ada tumpukan sisa hasil pemotongan rumput dan pada saat itu juga panas terik sekali. Singkat cerita teman saya melihat api yang sudah membesar, dengan sigap kami langsung kesana dan memadamkan api,di sana ada tersedia Apar dan hydrant.

Karna yang terbakar adalah rumput maka kami padamkan api dengan hydrant, kebetulan hydrant nya cukup jauh dari titik api, dengan inisiatif kami mencoba dengan bantuan apar karna paling dekat dengan titik api tersebut adalah apar, sambil saya pergi ke fire box equipment untuk mengambil nozzle, dan hose 2 setengah satu rol dan 1 setengah 1 rol. Langsung saya gelar hose dari hydrant menuju ke sumber api kemudian saya sambungkan kan hose dari 2 setengah menuju ke 1 setengah kemudian saya sambungkan ke nozzle, teman saya kemudian membuka keran hydrant dan saya langsung mencoba spray air di nozzle tersebut ke arah titik api. Sebelum nya kami sudah info ke control room dan fire station mengenai titik kebakaran, bahan apa yang terbakar dan jam berapa kejadian. 

Saat itu segera team fire tiba dan membantu kami memadamkan api. 
Dari kejadian ini kita belajar bahwa, jgn panik dalam setiap menghadapi setiap permasalahn berusaha tenang dan memahami cara mitigasinya, jika panik semua akan buyar, dan hal satu terpenting pengalaman dan Latihan berbicara banyak dalam hal ini, Karna saat itu saya tahu apa yang harus saya lakukan dengan cepat dan terampil nya dalam menggunakan alat pemadaman, ini karena kan karna saya sudah beberapa kali ikut kompetisi pemadam kebakaran di tingkat Pertamina Persero dan Alhamdulillah selalu juara.

Dari banyak nya penglamn kita menjadi trampil dan tahu kapan harus kita spray dan jet air tersebut dari nozzle ke titik api dan juga bagaimana menggelar selang dengan rapi agar cepat terkonek ke setiap koplingnya. Dari aksi pemadaman tersebut saya diberikan penghargaan atau apresiasi oleh perushaan. Kalau di bilang bhgya pasti bhya , cuma yang terpenting adalah latihan saya dulu dapat di aplikasikan , dan saya yakin pengalaman adalah guru yang sangat berharga.

   
  Gambar 1. Team Fire Fighting PT Perta Arun Gas, Alhamdulillah di sini kami juara 1.
      Gambar 2. Saat pertama kali menjadi juara 1 di MOFRC , Palembang 

      Gambar 3.  Juara 2 FFC lintas Fungsi di internal Perushaan 

Itualah beberapa pengalaman saya yang menjadi guru berharga, ada satu foto yang tidak saya punya filenya karna hilang, itu saat kami juara dua FFC di tingkat Pertamina Persero. Dari situ saya belajar penting nya pelatihan bagi seorang pekerja dan kematangan seseorang dalam berfikir. Sejatinya percayalah pada proses dan yakin proses tidak menghianati hasil.
Itu sedikit cerita penglamn saya sobat migas, semoga teman teman bisa menjadi lebih baik.
Selmat pagi, selamat akhir pekan dan selamat ngopi 

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman dan Latihan tidak menghianati Hasil."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel