REGASIFICATION AND LNG HUB TERMINAL

Apa itu Boil Of Gas ?? Apakah Fungsinya !!!

 Apa pengertian Boil Of Gas dan Apakah Fungsinya ??

  Apakah yang di maksud dengan Boil Of gas, Boil Of Gas sendiri merupakan hasil dari proses penguapan gas cair (LNG) pada tekanan Atmosfer. Gas hasil penguapan ini sering di buang langsung ke lingkungan dengan cara melakukan pembakaran pada suar gas (Gas Flare) namun ada sebagian LNG plant memanfaatkan BOG yang terbentuk tersebut untuk fuel turbin ataupun di kirim ke kostumer langsung. Dalam beberapa tahun terakhir LNG merupakan primadona untuk fuel di dunia, hal ini disebabkan dunia pada tahap untuk menurunkan emisi gas rumah kaca agar mencegah global warming. Sumber emisi yang di hasilkan oleh LNG juga masihlah besar, ini di peroleh dari pipa yang bocor, valve , ventilasi tangki penyimpanan dan proses pada saat bongkar muat.

Mencairkan gas alam menjadi LNG memberikan solusi untuk mengangkutnya melintasi jarak yang sangat jauh dengan aman dan hemat biaya di mana pipa tidak tersedia dan layak. Meskipun tangki diisolasi sejumlah kecil pemanasan terjadi menyebabkan kargo LNG menguap saat mencapai titik didihnya. Penguapan alami ini, yang di kenal dengan Boil Of Gas tidak dapat di hindari, dan BOG yang di hasilkan harus di minimaze untuk menjaga tekanan tangki.


       Gambar 1. Handling BOG Pada proses bongkar muat               

A. Terjadinya pembentukan BOG di sebabkan oleh beberapa faktor :

1. Terjadinya panas secara mekanis dari pompa

2. Kesimbangan Tangki berubah (Stratifikasi)

3. Perubahan tekanan Atmosfer

4. Panas dari suhu ambient tembus ke dinding tangki

5. Uap yang di pindahkan pada saat proses bongkar muat berlangsung

B.  Apa yang di maksud Aging BOG.....??

LNG terdiri dari beberapa komponen, masing masing memiliki titik didih dan tekanan tertentu, suhu BOG berhubungan langsung dengan campuran LNG, komponen gas paling ringan yaitu nitrogent menguap terlebih dahulu selama perjalanan, hal ini di sebut penuaan. Efek aging pada kargo LNG secara signifikan terjadi karena komposisi dan durasi perjalanan.  Suhu didih beban dapat meningkat secara signifikan karena adanya komponen berat seperti propana dan ethana. Boil Of Gas memiliki dampak yang signifikan pada perdagangan LNG, karena LNG di jual di terminal penerima tergantung pada kandungan energinya. Karena BOG mengurangi jumlah kargo yang di kirim dan meningkatkan jumlah panas di tangki kapal, jumlah BOG memiliki nilai ekonomi langsung. Mengingat bahwa BOG biasanya merupakan sepertiga dari biaya pengiriman, kemampuan untuk memantau dan mengelola BOG pada setiap operator menunjukan penghematan biaya pengiriman.

Untuk mengurangi tekanan di tangki LNG, BOG dapat di cairkan kembali diatas kapal, di gunakan sebagai bahan bakar, atau pun di bakar. Prose Relequifaski di kapal sangat lah bagus namun membutuhkan peralatan tambahan dan membuat tangki menjadi seamkin besar. Beberapa kapal LNG menggunakan BOG yang teruapkan untuk di gunakan sebagai fuel turbin mereka.

C. Bagaimna Cara meminimalisir pembentukan Boil Of Gas....??

1. Kurangi tekanan tangki pada saat proses pemuatan 

2. Atur sistem bahan bakar gas untuk mengindari resirkulasi bahan bakar gas hangat

3. Pantau suhu runag kosong antar kompartmen dan pertahankan suhu pada nilai yang di perlukan.

Jadi dengan adanya BOG yang terbentuk pada saat proses penyimpanan ataupun pemuatan dapat di gunakan untuk bahan bakar, di kirim ke pelanggan langsung sesuai dengan kriteria yang di tentukan ataupun di cairkan kembali menjadi LNG. Maka perlunya operasional mampu menghandle BOG yang terbentuk.


Belum ada Komentar untuk "Apa itu Boil Of Gas ?? Apakah Fungsinya !!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel